5 Cara Mudah dan Praktis Merawat Battery Laptop

Battery laptop merupakan komponen yang sangat berperan penting bagi kelangsungan aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan laptop. Ketahanan battery tentu sangat mempengaruhi kenyamanan saat beraktifitas menggunakan laptop.
Jundi Alfaruqi
Battery laptop merupakan komponen yang sangat berperan penting bagi kelangsungan aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan laptop. Ketahanan battery tentu sangat mempengaruhi kenyamanan saat beraktifitas menggunakan laptop.
 

Ketahanan battery laptop yang sudah menurun menyebabkan aktifitas yang dilakukan dengan menggunakan laptop jadi terganggu.
 

Misalkan saat kita harus membuat tugas kuliah atau tugas kantor yang akan memaksa kita berlama-lama dengan laptop. Namun, karena ketahanan battery yang sudah tidak bagus sehingga battery cepat sekali habis akan merepotkan kita untuk menyiapkan charger agar laptop tidak mati karena kehabisan battery.
 

Belum lagi jika ternyata ditempat anda menggunakan laptop, tidak ada colokan listrik untuk men charger battery laptop anda.
 

Tentunya hal tersebut diatas sangatlah mengganggu sekali. Untuk itu bagi anda yang mempunyai laptop baru atau yang baru mengganti battery laptop, sebaiknya anda menjaga kesehatan battery laptop anda tersebut.
 

Berikut ini echoobit merangkumnya dalam 5 cara mudah dan peraktis merawat battery laptop.
 

1. Hindari menggunakan laptop dengan melepas battery.


Menghidupkan laptop menggunakan kabel adapter langsung dengan tanpa menggunakan battery akan mengurangi umur battery dan juga akan dapat merusak komponen electronic laptop.
 

2. Aturlah persen untuk Low battery level dan Critical battery level.


Buatlah 10 % untuk Low Battery Level dan 5 % untuk critical battery level agar penggunaan battery maximal.
 

3. Hindari laptop mati karena kehabisan battery.


Jika battery sudah menunjukkan lowbat, segeralah charger battery laptop anda, jangan membiarkan laptop anda mati karena kehabisan battery.
 

4. Hindari Terlalu lama bermain game di laptop.


Bermain game terlalu lama di laptop akan menyebabkan panas laptop yang berlebihan. ini disebabkan komponen laptop harus bekerja keras saat bermain game.
 

Panas merupakan musuh dari semua komponen hardware laptop, termasuk juga battery. Jika cepat panas, maka battery akan cepat habis dan jika cepat habis maka anda akan sering charger battery. Terlalu sering charger dan discharger akan mengurangi umur battery.

5. Jangan biarkan mencharger laptop berlebihan.


Kebiasaan kita sering mencharger laptop di malam hari lalu membiarkannya sampai pagi. Ini akan mengakibatkan battery jadi kembung dan bocor atau soak.
 

Jika sudah bocor atau soak, maka anda harus membeli battery baru yang harganya tentu saja tidak murah. Atau anda akan direpotkan saat menggunakan laptop harus terus terkoneksi dengan listrik alias laptop terus dalam posisi di charger. Dan jika tidak ada listrik maka laptop anda tidak akan hidup.

walaupun kita melakukan perawatan yang baik untuk battery laptop kita. Namun yang namanya benda elektronik tetap memiliki masa atau waktu. Jika sudah sampai pada waktunya pasti benda tersebut akan rusak. Namun setidaknya kita dapat mengurangi resiko tersebut, sehingga benda yang kita pakai akan bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan benda yang tidak dirawat.
Jundi Alfaruqi
Blogger, Code Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi
Komentar