Rahasia dibalik Fast Start-Up Booting Windows 8

Meski sudah lama dibahas, namun Fast Start-up  masih ramai diperbincangkan oleh para user yang menggunakan sistem operasi windows, khususnya versi 8.0 keatas. 

Fast Start-up  merupakan sebuah fitur yang ada pada Sistem Operasi Windows 8 keatas yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kecepatan proses booting atau disebut Start-up .

Yang biasanya pada windows 7 akan memakan waktu yang cukup lama saat proses booting, maka dengan adanya fitur ini, Start-up  Windows menjadi 10 kali lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 detik untuk sampai kehalaman Desktop computer.
 
Fitur ini dinamakan Fast Start-up  Aka Hybrid Boot Aka Hybrid Shutdown. Tidak hanya proses booting saja yang menjadi cepat, namun proses Shuting Down juga menjadi lebih cepat.
 
Seperti Apa cara kerjanya Fast Start-up  ? 
Pada saat computer dimatikan, windows 8 akan menjalankan mode Hybrid Shutdown (Hibernate Parsial) yang kemudian secara bersamaan menyimpan Driver dan Kernel Session (Informasi Sistem) di dalam file yang bernama hiberfil.sys.
 
Ketika computer dinyalakan, maka windows menggunakan informasi tadi untuk melanjutkan sistem yang sebelumnya sudah berjalan.
 
Hal ini lah yang akan membuat proses Sartup menjadi 30% - 80% lebih cepat dibandingkan dengan windows versi 7 kebawah yang harus melakukan booting dari awal.
 
Dan akan bertambah semakin cepat jika Motherboard dilengkapi dengan UEFI.
 
Samakah Fast Start-up  dengan Hibernate ? 
Tentu saja tidak, Fast Start-up  merupakan jenis hibernate parsial yang hanya menyimpan informasi sistem sebahagian. Berbeda dengan hibernate yang biasanya.
 
Ini dikarenakan yang disimpan hanyalah Driver dan Kernel Session sehingga ukuran file hiberfil.sys jauh lebih kecil dibandingkan ukuran file yang disimpan pada mode hibernate biasa yang dapat memakan hingga 3GB bahkan lebih.
 
Adakah permasalahan yang akan terjadi jika menggunakan Fast Start-up ? 
Meskipun sistem ini memiliki kelebihan yang menawan, tentu juga memiliki kelemahan di dalamnya. Seperti salah satunya, Fast Start-up  tidak akan memberikan efek jika computer melakukan Restart.
 
Dan terkadang Computer mengalami hang saat proses booting, namun ini sangat jarang terjadi.
 
Jika anda merasa ragu menggunakan fitur ini, fitur ini dapat dinyalakan atau dimatikan. Silahkan baca  Cara Menghidupkan dan Mematikan Fast Start-up  Windows 8.
IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi