4 Rekomendasi Aplikasi Catatan Android Gratis, Tanpa Iklan, Bisa Akses di Laptop

Selain gratis dan tanpa iklan, 3 dari 4 aplikasi catatan untuk Android ini juga bisa dibuka melalui desktop, jadi kelebihannya sewaktu-waktu kamu butuh catatan kamu dan Hp kamu tertinggal, kamu tetap bisa membuka catatan-catatan penting yang ada di Hp kamu.

Kira-kira apa saja aplikasi nya? berikut telah saya rangkum menjadi 4 aplikasi catatan android serba guna.

Ke empat catatan di Android ini semuanya saya gunakan untuk keperluan saya, mulai dari blogging, mencatat kegiatan kantor, sampai dengan menyimpan, link, nomor rekening, alamat email dan hal-hal penting lainnya.

Dan setiap catatan berbeda aplikasi aplikasi dan dari beberapa aplikasi catatan tersebut ada juga yang saya pakaikan password atau kata sandi terutama untuk menyimpan catatan yang sifatnya rahasia.

1. Simple Note

Simplenote APP Android
Simplenote

Aplikasi yang pertama ini yang paling sering saya gunakan.

Desain antar mukanya sederhana, menu navigasi memang sedikut namun sangat mudah dijangkau dan dipahami.

Yang menarik adalah aplikasi Simple Note ini bisa dibuka di desktop tanpa perlu menginstall aplikasi lagi.

Cukup dengan membuka browser, lalu ketikkan alamat app.simplenote.com maka kamu sudah bisa masuk ke catatan yang kamu tulis dari aplikasi di Android.

Aplikasi Simple Note ini saya gunakan sebagai aplikasi catatan utama di Hp saya sebagai tempat untuk mencatat artikel blog saya sebelum saya posting ke blog.

Termasuk juga artikel yang sedang kamu baca sekarang ini.

Kelebihan lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah yang pastinya gratis, lalu ada fitur pengelompokan catatan berdasarkan tag yang bisa kamu buat sendiri nama tag nya.

Ada juga fitu pin di dalamnya agar catatan khusus bisa kamu tampilkan dibagian paling atas dan tidak akan tenggelam ke bawah.

Selain itu, ada juga fitur untuk melihat berapa jumlah kata dan karakter yang sudah kamu tuliskan.

Ini berguna banget terutama bagi saya sebagai blogger untuk melihat seberapa panjang artikel yang sudah saya tulis.

Ada fitur tasks juga untuk menceklis tugas yang sedang atau akan kamu lakukan.

Fitur lainnya yang menurut saya berguna banget adalah otomatis menandai sebuah link atau URL sehingga, link yang kita sisipkan di catatan bisa langsung kita klik tanpa perlu mengcopy nya lagi.

Tampilannya juga bisa kita pilih apakah mau mode gelap atau mode terang. 

Sayangnya, kekurangan aplikasi catatan Simple Note ini tidak bisa upload gambar dan format style teks yang terbatas.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus daftar akun terlebih dahulu. 

Caranya tinggal mengikuti semua instruksi yang diberikan setelah kamu menginstall dan membuka aplikasi simple note ini. 

2. Journey : Diary, Journal

Journey
Journey : Diary Journal

Aplikasi Journey sangat membantu pekerjaan saya dalam mencatat kegiatan harian, seperti dokumentasi dan pekerjaan apa yang saya lakukan setiap harinya.

Semua kegiatan pekerjaan kantor saya simpan di aplikasi ini, dan ketika akhir bulan saya harus membuat laporan pekerjaan, saya tinggal membuka aplikasi melalui browser di laptop, dan menyalin semua laporan saya pada bulan itu ke dalam laporan pekerjaan saya.

Fitur yang ada juga sangat lengkap dan sangat mendukung sekali.

Mulai dari menulis catatan, mengatur tanggal dan waktu, mengatur lokasi yang terkoneksi dengan GPS hp, menambahkan foto dari galeri atau jepret kamer saat itu juga, rekam video, rekaman suara, hingga mencetak laporan catatan kamu ke dalam bentuk file PDF.

Bahkan kamu juga bisa mencantumkan dimana kamu menulis catatan tersebut, apakah dalam perjalan dengan mobil, dalam pesawat, sedang makan, dll.

Dan yang menarik nya lagi, kamu juga bisa menambahkan tag emoticon yang bisa dipilih sesuai kondisi mod kamu saat menulis catatan tersebut. 

Yang saya suka lagi-lagi desain antar mukanya yang minimalis dengan tampilan yang clear atau bersih.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur penuh di dalam aplikasi ini, kamu bisa berlangganan yang biaya berlangganannya itu juga murah.

Karena saya tidak membutuhkan banyak fitur, jadi tanpa berlangganan pun semua kebutuhan mencatat saya sudah terpenuhi.

Untuk menggunakan aplikasi catatan Journey ini, kamu harus membuat akun juga ya, sama seperti aplikasi sebelumnya.

Jika kamu ingin mengakses catatan kamu yang ada di Journey di laptop, kamu bisa mengunjungi journey.cloud melaui browser, kemudian login ke akun Journey milikmu. 

3. Keep Notes - Google Keep

Keep Notes
Google Keep - Notes and lists

Kalau Keep Notes ini pasti udah banyak yang tau dan banyak yang pakai juga, termasuk saya pribadi.

Namun penggunaan Keep Notes untuk saya pribadi tidak se intens dengan Simple Note dan Journey.

Diaplikasi ini tempat saya menyimpan catatan nomor-nomor penting, seperti nomor rekening, bahkan juga kata sandi email beserta alamatnya.

Untuk kelebihannya tentu saja yang paling saya suka adalah tidak ada iklannya. Desain antar muka yang minimalis dan clean serta fitur yang lengkap.

Yang menarik dari aplikasi Keep Notes ini karena aplikasi ini milik Google dan di kelola olehnya, kamu tidak perlu membuat akun, cukup dengan akun email yang kamu pakai di Hp kamu.

Dan tentu aja kamu bisa buka semua catatan kamu yg tersimpan di keep notes melalui laptop atau perangkat komputer lainnya. 

4. Evernote

Evernote
Evernote - Note Organizer

Rekomendasi yang terakhir adalah Evernote, sebuah aplikasi catatan yang memiliki desain antar muka yang cantik, minimalis, dan tentu saja bebas dari iklan.

Saya menggunakan Evernote ini hanya untuk catatan khusus yang memang ingin saya pisahkan khusus dari catatan lainnya.

Pada awalnya saya ingin menggunakan Evernote untuk aplikasi catatan utama saya dalam membuat konten blog.

Namun karena beberapa hal dan saya menemukan Simple Note yang lebih super minimalis, akhirnya Evernote saya pakai sebagai alternatif terakhir.

Namun secara fitur, aplikasi ini sangat rekomended untuk membuat dan menyimpan catatan berharga kamu.

Evernote juga bisa di akses melalui desktop. 

IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi

Posting Komentar