10 Tips Mudah dan Praktis Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Tips mudah dan praktis merawat laptop
Jundi Alfaruqi
Era globalisasi sekarang ini, segala hal dilakukan dengan teknologi yang cepat dan canggih, begitu banyak teknologi yang manusia gunakan untuk mempermudah aktifitasnya, seperti bekerja, belajar, bahkan bermain pun wajib menggunakan teknologi elektronik,  salah satu  dari banyak teknologi tersebut adalah laptop.

Laptop adalah perangkat elektronik pengganti computer yang praktis karena bisa dibawa kemanapun kita pergi. Tak ubahnya sebuah computer, laptop Memiliki fungsi yang sama seperti computer. Namun laptop memiliki ukuran 4x lipat lebih kecil dari sebuah computer.


Sangat banyak laptop dipasaran dengan berbagai merk serta spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa teknologi yang ditawarkannya. Para produsen laptop berlomba-lomba menciptkan produk laptop dengan teknologi yang semakin canggih dan handal.

Sering kali kita para pengguna laptop mengeluhkan ketika perangkat laptop kita tidak bekerja sesuai dengan semestinya, seperti tidak merespon apa yang kita perintahkan atau merespon tapi sangat lambat, hal ini tentu membuat kita merasa jengkel bahkan pengen rasanya kita hancurkan saja laptop tersebut.

Banyak sekali factor yang menyebabkan hal-hal yang dapat merusak peforma dari laptop kita, seperti virus, overload, atau bisa juga kecerobohan dari kita sendiri. Nah, Untuk menghidari hal-hal tersebut, kita dapat melakukan pencegahan dengan mengikuti tips-tips berikut ini :

1. Hati-hati meletakkan makanan dan minuman jika terlalu dekat dengan laptop. 

Sangat sering sekali dari kita yang meletakkan minuman begitu dekat dengan laptop, ya mungkin karena jika terlalu jauh tentu akan menyulitkan kita. Makanan dan minuman adalah hal yang wajib ketika kita harus berjam-jam berada didepan laptop. Wajar saja jika terkadang kita meletakkan makanan dan minuma tanpa memirkan jika makanan atau minuman tersebut tumpah diatas laptop kita. Tapi jika kita ingin laptop kita awet dan tahan lama, maka kita harus merubah kebiasaan kita tersebut. Kita hanya perlu memberi jarak antara makanan dan minuman kita dengan laptop kita pada saat digunakan.

2. Hati-hati melatakkan laptop pada saat digunakan. 

Ukuran laptop yang kecil dan juga tidak memakan tempat serta bisa diletkkan dimana saja, membuat kita menyepelekan meletakkan laptop pada saat digunakan. Entah meletekkannya diatas bantal atau kasur yang dapat membuat laptop panas, atau meletakkan di atas meja yang terlalu dipinggir yang jika tidak sengaja, laptop bisa terhempas ke lantai. Tentu hal-hal tersebut dapat merugikan kita sendiri, untuk itu perhatikannlah saat ingin meletekkan laptop jika ingin digunakan.

3. Batasilah waktu penggunaan laptop anda. 

Sama halnya manusia, barang pun jika terlau lama penggunaannya maka dia akan cepat rusak. Memang benar, laptop dibeli untuk digunakan, tetapi kita juga harus memperhatikan batasan jika ingin laptop kita dapat bertahan lama.

4. Hati-hati menggunakan software gratis yang di download dari internet. 

Salah satu kebiasaan kita, adalah mendownload aplikasi gratis dari internet tanpa memperhatikan sumbernya, itu karena selain aplikasi tersebut kita butuhkan, tentu karena aplikasi tersebut gratis. Banyak sekali orang-orang diluar sana yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kelemahan kita dengan menyisipkan hal-hal aneh dari sebuah program aplikasi gratis yang kita download dari internet. Entah itu berupa virus yang dapat merusak, atau virus yang mencuri segala hal penting yang ada di latop kita yang dapat merugikan kita.

Jadi berhati-hati lah jika ingin mendownload sesuatu yang gratis dari internet. kita bisa bertanya pada orang lain mungkin teman kita untuk mendapatkan referensi yang baik ketika harus mendownload program aplikasi dari internet secara gratis. Atau juga dapat membeli aplikasi tersebut di situs-situs yang sudah dipercaya. Memang resiko yang ada sangatlah kecil, namun jika bisa menghindari resiko tersebut, kenapa harus mengambil resiko.

5. Jangan terlalu lama bermain game di laptop. 

Siapa sih yang nggak suka bermain game di laptop, setelah berjam-jam bekerja atau belajar menggunakan laptop, tentu kita butuh refreshing agar pikiran menjadi lebih segar. Ya, salah satunya ada bermain game. Bermain game di laptop sangatlah menyenangkan. Namun, jika teralalu lama bermain game, ini akan menyebabkan laptop cepat rusak, terutama untuk game-game yang membutuhkan high performance.

Awalnya saya sendiri juga tidak setuju dengan statement diatas, saya bertanya “Loh kenapa?, bukannya laptop mendukung untuk bermain game? “ ya memang betul jika dikatakan laptop dengan spesifikasi tertentu mendukung untuk bermain game. Namun yang perlu diperhatikan adalah batasan saat bermain game, game high performance memaksa laptop kita bekerja keras terutama pada sector RAM, dan VGA, termasuk juga harddisk. Jika terlalu lama memaksakan sector-sektor tersebut bekerja lebih keras, tentu akan dapat menimbulkan masalah bagi performa laptop kita paling parahnya adalah rusak. Pada bagian-bagian tersebut.

Termasuk panas juga sangat menimbulkan masalah serius bagi laptop, khususnya adalah battery, bermain game di laptop terlalu lama menyebabkan panas yang bisa merusak ketahanan dari laptop kita. Ruang komponen pada laptop sangat lah kecil , Dikarenakan laptop tidak sama seperti PC yang memiliki ruang yang cukup besar bagi komponen-komponennya menghadapi panas.

Jika memang ingin bermain game dilaptop, maka batasilah waktunya, misalkan 1 jam atau 2 jam saja sudah cukup membuat laptop panas. Dan jika sangat ingin berlama-lama bermain game, maka gunakanlah PC (Personal Computer), karena PC Lebih kuat daripada laptop. Kalau masih tetap juga ingin bermain game lama-lama di Laptop, maka belilah laptop yang dikhususkan untuk bermain game.

6. Buatlah jadwal untuk membersihkan laptop anda. 

Sama halnya dengan manusia, laptop juga perlu dibersihkan. Bayangkan saja debu, kotoran yang menempel pada laptop tidak pernah dibersihkan, selain membuat kita merasa tak nyaman, juga dapat merusak laptop jika tidak pernah dibersihkan.

Ini dikarenakan debu yang menempel menimbulkan hal-hal yang dapat merusak komponen laptop, contoh, debu yang menempel pada kipas pembuangan di laptop, jika debu terlalu banyak, tentu saja akan menghabat sirkulasi udara yang keluar atau masuk ke laptop kita dan akan menyebabkan laptop kita cepat panas dan akhirnya umur laptop menjadi pendek.

Usahakanlah untuk membersihkan laptop minimal sekali seminggu ketika sedang libur dan tidak sedang menggunakan laptop. Dengan menjaga kebersihan laptop, maka dapat memperpanjang umur laptop.

7. Hapuslah data-data yang menurut anda tidak diperlukan di laptop anda. 

Banyak sekali informasi yang kita butuhkan setiap harinya, sehingga kita mengumpulkan semua data dan menyimpannya kedalam laptop kita, seperti video, music, document, gambar dan data-data lainnya.

Data yang terlalu banyak hingga harus memenuhi kapasitas harddisk laptop dapat menyebabkan menurunnya performa laptop kita, karena laptop sendiri membutuhkan space untuk bernafas dalam melakukan eksekusi perintah dari usernya. Berikanlah space atau ruang pada harddisk anda, jika anda mempunyai 2 partisi pada laptop anda misalkan C:\ & D:\ , dimana C:\ sebagai System dan D:\ sebagai data , berikaanlah space kosong 1/2 dari partisi C:\ dan 1/2 ruang kosong dari partisi D:\.

Untuk mengatasinya, Hapuslah data-data yang tidak diperlukan dari laptop anda, daripada hanya memenuhkan harddisk anda. Jika rasanya sayang untuk menghapus data-data tersebut, maka gunakannlah penyimapanan eksternal, seperti flashdisk, harddisk eksternal, DVD, atau media penyimpanan eksternal lainnya yang dapat menampung data-data tersebut.

8. Jangan terlalu sering INUL(Install Ulang) Sistem Operasi. 

Instal ulang atau istilah kerennya adalah INUL adalah proses mengembalikkan Sistem Operasi Laptop atau computer kepada keadaan yang semula. Dimana belum ada aplikasi-aplikasi tambahan lainnya pada laptop .

Langkah ini biasanya diambil ketika kita tidak lagi menemukan solusi dari masalah sistem yang ada pada laptop. Dari 1000 langkah yang sudah kita tempuh tidak membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang diambil adalah install ulang.

Hal yang wajar jika laptop harus di install ulang karena factor-faktor kesalahan system tertentu yang memaksa untuk melakukan instalasi ulang. Namun jika terlalu sering, dapat menimbulkan masalah yang serius bagi laptop, terutama harddisk. Ini dikarenakan, selama proses instalasi berlangsung, harddisk lah yang paling banyak menerima beban, seperti Copy Files, Delete Files, atau proses lainnya. Dan jika terlalu sering maka akan dapat menimbulkan kerusakan pada harddisk seperti BadSector Harddisk. 

Jarang kemungkinan dapat dilakukan perbaikan untuk harddisk yang mengalami badsector. Jika sudah begini, anda terpaksa mengeluarkan uang lagi untuk membeli harddisk baru untuk laptop anda.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan selain harus menginstall ulang, seperti menggunakan Restore Point, atau Recovery Windows.

9. Gunakan lah anti virus. 

Selain Firewall yang menjaga lalu lintas jaringan pada laptop anda, anda juga membutuhkan anti virus. Anti virus yang dapat melindungi data-data baik itu data system atau data lainnya dari serangan virus.

Virus sangatlah mengganggu jika sudah menjalar kedalam system laptop kita, biasanya laptop akan terasa lebih lemot atau lambat dalam eksekusi perintah, bisa juga system betul-betul terhenti karena virus tersebut. Tergantung dari fungsi virus tersebut dibuat.

Solusinya adalah gunakanlah antivirus yang memiliki kemampuan yang baik dalam menangani virus. anda bisa mencari sendiri di internet, atau menanyakan kepada teman anda, anti virus apa yang baik dan mampu menjaga, meminimalisir dari serangan virus berbahaya.

10. Sayangilah laptop anda. 

Yang terakhir adalah rawatlah barang yang anda miliki, kalau mungkin menurut anda terdengar aneh “Sayangilah laptop Anda” , tapi itulah fakta yang harus anda ketahui, karena jika sudah sayang, hal apapun akan anda lakukan untuk melindunginya

Itulah 10 TIPS TEPAT MERAWAT LAPTOP AGAR AWET DAN TAHAN LAMA. Masih banyak tips-tips lainnya yang dapat dilakukan dan memberikan manfaat bagi laptop anda. (Eb.)
Jundi Alfaruqi
Blogger, Code Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi
Komentar