Cara Membuat Program Sederhana Auto Shutdown Pada Windows

Bekerja menggunakan laptop sambil mendengerkan music adalah hal yang menyenangkan. Sampai terkadang tidak terasa sampai-sampai ketiduran dan terpaksa meninggalkan laptop dalam keadaan hidup.

Hal ini sangat sering terjadi, apalagi disaat ada tugas kuliah atau tugas kantor yang harus diselesaikan saat itu juga dan akhirnya terpaksa dikebut saat itu juga.
 

Tidak melihat kondisi bahkan hingga terasa mengantuk dan akhirnya ketiduran sehingga laptop dibiarkan tetap hidup.


Mungkin jika ini terjadi sekali atau dua kali saja tidak akan menimbulkan kerusakan bagi laptop kita. Tetapi kalau sudah terlalu sering, lambat laun akan menimbulkan kerusakan dan akan mengurangi umur laptop.
 

Ini diakibatkan laptop kehabisan battery kemudian mati. Jika sering terjadi seperti ini maka performa laptop terkhususnya battery akan menurun hingga akhirnya umur battery pun ikut berkurang.
 

Untuk mengatasi masalah seperti ini biasanya kita akan berpikir untuk mendownload aplikasi yang dapat melakukan auto shutdown atau shutdown otomatis yang sebelumnya telah kita atur jadwalnya sehingga jika sudah sampai pada jadwalnya, laptop akan melakukan shutdown sendiri.
 

namun, jika terlalu malas untuk mencari program tersebut di internet, kita bisa membuat sendiri program sederhana untuk shutdown otomatis. Caranya sangat sederhana, cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini :

klik kanan pada Desktop, Kemudian New , pilih Shortcut.


Pada halaman Create Shortcut ketikkan script shutdown.exe –s –t 3600 . Jika sudah, klik Next.
3600=1jam, jika anda ingin mengatur 2jam, maka tinggal dikalikan dengan 3600.



Kemudian buatlah nama dari shortcut yang dibuat tadi. Agar mudah diingat, buat saja shutdown.exe , jika sudah, klik Finish.


Jika berhasil, maka pada desktop akan muncul shortcut shutdown.exe yang sudah dibuat tadi.


Untuk menjalankanya, tiggal di klik saja shortcut shutdown.exe tersebut. jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa laptop akan otomatis shutdown dalam hitungan 60 menit.


Jika ternyata tiba-tiba kita ingin membatalkannya, kita bisa membuat intruksi agar windows membatalkan shutdown tersebut, caranya sama seperti tadi.
 

Buat shortcut di Desktop dengan menuliskan script shutdown.exe –a . jika sudah klik Next


Kemudian berikan nama untuk shortcut yang dibuat tadi, buat saja cancel shutdown.exe untuk memudahkan. Jika sudah selesai, klik Finish.


Jika berhasil, maka shortcut cancel shutdown ada pada desktop.


Untuk megujinya, klik shortcut shutdown.exe , hingga muncul pemberitahuan, kemudian baru jalankan cancel shutdown.exe , jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan perintah shutdown dibatalkan.


IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi