Sejarah Berdirinya Mbah Google

Siapa sih yang tidak kenal dengan google? Seluruh dunia pasti sudah sangat kenal dengan layanan yang satu ini. Google lebih dikenal sebagai sebuah mesin pencari apa saja. Walaupun sebenarnya fungsi google tidak hanya itu. sangat banyak layanan-layanan yang diberikan oleh perusahaan multinasional Amerika Serikat ini.

Google dikenal sebagai mesin pencari apa saja karena apapun yang ingin kita cari, selalu ada di google. Coba saja kita ketikkan apapun dipencarian google, pasti si mbah yang satu ini selalu mambantu kita untuk mencari apa yang kita inginkan.


Namun, pernahkah anda tau, sejak kapan google lahir ke dunia?  Dan siapa sih pembuat mesin pencari yang cangggih ini?
 

Perusahaan yang diberi nama Google Inc ini, didirikan pada 4 September 1998, di Menlo Park, California Amerika. Pendirinya adalah mahasiswa dari Universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brin.
 

Misi utama mereka adalah megumpulkan seluruh informasi dari seluruh dunia, kemudian membuatnya dapat dilihat oleh seluruh orang di bumi.
 

Sejak lahir ke dunia, google terus berkembang dengat sangat cepat dan terus menghasilkan banyak produk-produk baru mulai dari Software hingga Hardware Electronic. google juga sebagai pengembang dari sistem operasi Android untuk perangkat mobile yang sangat popular pada saat ini.
 

Perusahan multinasional amerika ini, diperkirakan telah megoperasikan lebih dari satu juta server di seluruh pusat data dunia dan telah memproses lebih dari ratusan miliar kueri pencarian serta sekita 24 petabita data pengguna buatan setiap harinya.
 

Saat ini kantor pusat google terletak di 1600 Amphitheatre Parkway di Mountain View, Kota Santa Clara, California, Amerika, dekat San Jose yang diberi nama Gogleplex. Googleplex sendiri merupakan singkatan dari Google dan Complex.
 

Googleplex ini memiliki empat bangunan inti, seluas 506,317 ft² (47,038 m²), pada awalnya bangunan dibangun untuk  ditempati oleh SGI. Kemudian disewa oleh Google pada 2003. Lalu pada Bulan Juni 2006, Google membeli properti ini dari Silicon Graphics senilai $319 juta.

 Luas Bangunan Kantor Pusat Google

 Kantor Pusat Google

googleplex
IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi