Cara Bedain Sepatu Vans Asli Dengan Sepatu Vans Palsu (KW)

Kali ini saya akan bahas tentang perbedaan sepatu VANS yang asli dengan yang palsu (kw).

Walaupun sebenarnya udah banyak yang ngebahas, tapi menurut saya ngebahas tentang sepatu Vans ini nggak akan pernah bikin bosan dan selalu menarik untuk dibahas.

Apalagi sekarang, makin banyak sepatu Vans palsu (kw) di pasaran yang dibuat hampir menyerupai Vans asli dan sulit dibedakan.

membedakan vans asli dan palsu

Dan kalau tidak teliti, bisa-bisa kita salah beli dan malah tertipu. Uang kita hilang, tapi sepatu yang kita beli ternyata palsu (kw).

Oke, langsung aja kita bahas deh cara bedainnya. khusus yang lagi nabung pengen beli sepatu Vans wajib baca nih biar ntar nggak salah beli, apalagi sepatu Vans tergolong sepatu yang harganya terbilang mahal bagi yang punya uang pas-pas an.

1. DARI HARGANYA

Yang pertama sekali mesti di perhatikan adalah soal harga. Setiap sepatu Vans memiliki harga yang bervariasi tergantung dari series atau jenis nya.

Secara umum harga sepatu Vans berkisar dari 500 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Jika ada yang menjual jauh di bawah kisaran harga tersebut atau lebih murah, maka patut di curigai ke asliannya.

Tapi bukan berarti dibawah 500 ribu itu palsu ya.., Karena ada juga yang harganya murah, namun dengan alasan tertentu..,

Misalkan barang reject, cacat produksi, atau memang lagi ada event jadi harganya bisa murah (diskon). Meskipun murah tapi harus tetap masuk akal.

Atau kita beli bekas tentu saja harganya jadi murah.

Tipsnya, sebaiknya kita cari tau dulu series dari sepatu Vans yang ingin kita beli. Kalau sudah tau seriesnya, kita bisa cari tau kisaran harganya di internet atau menanyakannya di forum diskusi khusus sepatu Vans.

Kalau sudah tau kisaran harganya, baru deh kita bandingkan dengan harga tempat kita akan membeli sepatu Vans tersebut, apakah harganya sesuai , atau lebih mahal, atau jauh lebih murah.

Dan ada baiknya, jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena selain rawan barang palsu, juga rawan penipuan.

Walaupun harga sepatu Vans bervariasi, namun harganya cendrung stabil dan jarang berubah.

2. BENTUK SEPATU ENAK DILIHAT

Untuk mengetahui sepatu Vans asli atau tidak (kw) selanjutnya, bisa kita lihat dari bentuk sepatunya. Karena paling mudah membedakan dari bentuknya.

Sepatu Vans asli dibuat dengan bahan yang berkualitas. Mulai dari karet, kain, warna, hingga lem yang digunakan adalah yang berkualitas terbaik.

Sedangkan yang palsu tentu saja akan dibuat dengan kualitas yang kurang atau asal-asal an

Jadi, ketika melihat bentuk sepatu Vans yang asli, akan terlihat lebih enak di pandang dari segala sisi sepatu yang terlihat kuat,kokoh dan rapi.

Sedangkan yang palsu akan terlihat kejanggalan yang tidak enak di lihat, misalkan ada bagian yang lem nya terlepas atau bentuk sepatu yang tidak pas.

Tips paling mudah membedakannya kita bisa melihat bentuk sapatu Vans yang di pajang di situs resmi Vans.com lalu membandingkannya dengan bentuk sepatu Vans yang akan di beli. 

Membandingkannya harus dengan series dan warna yang sama ya agar mudah melihat bedanya.

3. JAHITAN RAPIH

Jahitan pada sepatu Vans yang asli sudah pasti lebih rapi, sedangkan yang palsu terlihat asal-asalan.

Dan juga, jahitan pada sepatu Vans asli lebih kuat dan tahan dibandingkan dengan jahitan sepatu Vans yang palsu.

Yang paling terlihat beda pada jahitan Vans asli dan palsu adalah jika pada sepatu Vans memilik dua(2) jahitan yang searah..,

Maka pada Vans yang asli, jarak antara jahitan pada setiap bagian sepatu akan persis sama atau konsisten.

Sedangkan pada sepatu Vans yang palsu, jarak antara jahitannya akan berubah atau tidak konsisten, bisa saja pada bagian depan sepatu, jarak dua(2) jahitan searahnya dekat, sedangkan pada bagian belakang sepatu, dua(2) jahitan searahnya memiliki jarak yang terlihat lebih lebar.

Namun, ada juga ditemukan jahitan yang tidak rapi pada sepatu Vans asli, tetapi hanya akan ada satu(1) atau dua(2) jahitan saja. Hal ini wajar saja terjadi pada saat proses produksi. Namanya juga buatan manusia, tidak ada yang sempurna.

4. UKURAN HELPED/HEEL TAB SEPATU VANS PAS & PRESISI + WARNA SESUAI DENGAN SERIES NYA

Kalau ada yang belum tau apa itu helpad, helped itu logo yang ada di bagian bokong sepatu biasanya wujudnya nimbul dari permukaan sepatu.

Biasanya, helped pada Vans asli ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan helped pada Vans palsu. (Tergantung Series juga ya…).

Bentuk helped pada Vans asli lebih presisi, setiap sisi ukurannya sama. Ini  karena memang helped Vans asli di cetak secara khusus secara bersamaan, jadi tidak ada sudut yang lebih panjang.


Sedangkan bentuk helped pada Vans palsu, bentuknya tidak rapi, terlihat ada sudut yang berlebih atau tidak sama rata.

Tulisan Vans yang ada pada helped Vans asli bentuk cetakannya lebih rapi, warna catnya lebih tebal dan tidak mudah pudar.

Sedangkan pada Vans yang palsu, cetakan tulisan Vans pada helped terlihat acak-acakan, warna catnya tipis sehingga mudah pudar.

Helped Vans asli tidak akan pernah lepas, karena di lem dengan sangat kuat, sedangkan helped Vans palsu lebih mudah lepas.

Warna helped juga menentukan Vans tersebut asli atau tidaknya, misalkan pada Vans classics series warna helpednya adalah merah dan cetakan logo Vans di atasnya berwarna putih.

Jika ada series classics tapi helpednya adalah warna putih, sudah di pastikan itu adalah palsu.

5. TAG SIZE TEBAL DAN TIDAK MUDAH LEPAS

Tag Size pada sepatu Vans biasanya di letakkan pada lidah sepatu atau pada sisi kiri atau kanan di dalam sepatu, sama seperti sepatu-sepatu pada umumnya.

Tag Size sepatu Vans asli menempel kuat terasa licin saat disentuh dan terlihat mengkilat kalau terkena cahaya.

Sedangkan Tag Size pada Vans palsu, tag size dibuat sablon sehingga mudah terkelupas.

6. POSISI LOGO VANS PADA INSOLE

Di dalam sepatu Vans atau biasa di sebut insole, terdapat logo Vans dengan huruf V yang berbentuk akar.

Pada sepatu Vans asli seri classics, logo ini di buat dengan cat yang menempel kuat sehingga tidak mudah pudar dan posisi tulisan menghadap ke kiri.

Sedangkan pada sepatu Vans palsu, logo akan mudah pudar, biasanya tulisan akan menghadap ke kanan bukan ke kiri.

7. ADA JARAK ANTARA GARIS DAN BUMPER DEPAN SEPATU

Jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata pada sepatu Vans asli memiliki jarak antara garis yang melingkari sepatu dengan bumber depan.

Dan pada Vans Palsu, tidak akan terlihat jarak antara garis dengan bumper bagian depan alias mepet.

8. DARI KOTAK SEPATU

Kotak sepatu Vans terkadang menjadi tolak ukur yang membedakan sepatu Vans tersebut asli atau tidak,

karena kotak sepatu Vans asli memang memiliki kriteria yang berbeda dengan kotak pada sepatu Vans palsu.

Namun saya tidak ingin membahas tentang kotak ini, karena kotak sepatu Vans ini cendrung sering berubah dari tahun ke tahun.

Tetapi jika ada yang ingin menjelaskan rincian perbedaan kotak sepatu Vans yang asli dengan yang palsu, silahkan tulis di kolom komentar dibawah yaa :)

9. KODE WAFFLE (#Terakhir)

Kok kode waffle paling akhir bro?  emangnya kode waffle tidak terlalu penting ya bro buat bedain sepatu Vans asli dengan yang palsu?

Yap, benar sekali.., kode waffle sudah tidak bisa menjadi tolak ukur yang valid untuk membedakan produk Vans original dengan yang palsu.

Karena sekarang hampir seluruh kode waffle pada sepatu Vans dipalsukan kecuali japan market.

Sebenarnya, kode waffle hanyalah kode pabrik dari Negara mana Vans tersebut di produksi, tidak ada yang istimewa sama sekali.

Dan walaupun kode waffle berbeda, kualitas sepatu Vans tetap sama karena di produksi dengan standar kualitas yang sama.

Jadi itu lah cara bedain sepatu Vans asli dengan yang palsu, jika masih merasa ragu dan takut, silahkan bertanya di grup-grup yang ngebahas detail tentang sepatu Vans.

Dan jika ada yang kurang atau salah, silahkan tambah di kolom komentar ya…

IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi

4 komentar

  1. edaan mantep nih gan, lumayan supaya ga ketipu hehe
  2. Jadi tau mana yg asli and yang palsu.. Makasih sharingannya
  3. Artikel paling jelas, mantul
  4. Intinya sekarang vans yang fake udah kaya ori detailnya