Cara Membuat & Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mandeley Desktop
Aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.
Lalu, bagaimana caranya? berikut ini adalah "Cara Membuat & Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mandeley Desktop"
Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya. cara mendownload aplikasi mendeley secara gratis pada situs mandeley.com
Aplikasi mendeley bisa di download secara gratis di situs tersebut. Silahkan anda download dan instal aplikasi tersebut.
membuat daftar pustaka secara otomatis.
Panduan menggunakan aplikasi mandeley.
Oleh
Jundi Alfaruqi
Saat akan membuat sebuah karya ilmiah entah itu makalah, skripsi, buku dan karya-karya ilimiah lainnya, maka daftar pustaka adalah komponen yang wajib ada di dalamnya.
Pada umumnya Daftar pustaka berisi judul buku dan nama pengarang dari buku mereka yang kita ambil untuk dijadikan sebagai kutipan dalam karya ilmiah kita.
Baca Juga : PANDUAN LENGKAP MENULIS DAFTAR PUSTAKA YANG BAIK DAN BENAR
Namun tak jarang bagi sebagian orang menganggap bahwa membuat daftar pustaka sangatlah merepotkan,
karena harus menuliskan satu persatu judul buku serta nama pengarang dan menyesuaikan dengan format penulisan daftar pustaka yang benar.
Tapi tak perlu khawatir, bagi yang ingin membuat daftar pustaka tak perlu repot-repot menulisnya satu persatu
Karena sudah ada aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.
Yaitu dengan menggunakan aplikasi mandeley, maka aplikasi tersebut akan membuatkan daftar pustaka secara otomatis dengan hanya beberapa klik saja.
Lalu, bagaimana caranya? berikut ini adalah "Cara Membuat & Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mandeley Desktop"
Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya. cara mendownload aplikasi mendeley secara gratis pada situs mandeley.com
Aplikasi mendeley bisa di download secara gratis di situs tersebut. Silahkan anda download dan instal aplikasi tersebut.
Silahkan buka aplikasi mandeley dan saya asumsikan anda telah memiliki akun mandeley dan telah login ke dalam aplikasi mandeley tersebut.
Penting !!!! : Bagi yang sudah melakukan setting Mandeley, dan telah mengutip menggunakan Mandeley, silahkan langsung ikuti langkah nomor 7, Karena langkah 1 sampai 6 adalah tahapan menggunakan mandeley dasar.
Jika sudah, maka tampilan mandeley home akan terlihat seperti berikut :
Langkah selanjutnya adalah membuat folder baru yang akan digunakan untuk menyimpan file dokumen yang nantinya akan dipakai sebagai daftar pustaka.
Saya contohkan disini membuat folder dengan nama "Daftar Pustaka" , kemudian kita akan menambahkan beberapa file dokumen ke dalam folder Daftar Pustaka tersebut.
Dokemen-dokumen tersebut bisa berupa jurnal, buku, atau lainnya yang akan dijadikan sebagai dafatar pustaka.
Saya contohkan, disini saya menggunakan dua buah jurnal dengan format file .pdf yang akan dijadikan sebagai daftar pustaka.
Kita juga dapat merubah deteil dari dokumen tersebut pada bilah bagian kanan layar. kita bisa merubah tahun, volume, pages serta nama pengarangnya.
Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut ini :
Pada umumnya Daftar pustaka berisi judul buku dan nama pengarang dari buku mereka yang kita ambil untuk dijadikan sebagai kutipan dalam karya ilmiah kita.
Baca Juga : PANDUAN LENGKAP MENULIS DAFTAR PUSTAKA YANG BAIK DAN BENAR
Namun tak jarang bagi sebagian orang menganggap bahwa membuat daftar pustaka sangatlah merepotkan,
karena harus menuliskan satu persatu judul buku serta nama pengarang dan menyesuaikan dengan format penulisan daftar pustaka yang benar.
Tapi tak perlu khawatir, bagi yang ingin membuat daftar pustaka tak perlu repot-repot menulisnya satu persatu
Karena sudah ada aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.
Yaitu dengan menggunakan aplikasi mandeley, maka aplikasi tersebut akan membuatkan daftar pustaka secara otomatis dengan hanya beberapa klik saja.
Lalu, bagaimana caranya? berikut ini adalah "Cara Membuat & Menyusun Daftar Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Mandeley Desktop"
Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya. cara mendownload aplikasi mendeley secara gratis pada situs mandeley.com
Aplikasi mendeley bisa di download secara gratis di situs tersebut. Silahkan anda download dan instal aplikasi tersebut.
Silahkan buka aplikasi mandeley dan saya asumsikan anda telah memiliki akun mandeley dan telah login ke dalam aplikasi mandeley tersebut.
Penting !!!! : Bagi yang sudah melakukan setting Mandeley, dan telah mengutip menggunakan Mandeley, silahkan langsung ikuti langkah nomor 7, Karena langkah 1 sampai 6 adalah tahapan menggunakan mandeley dasar.
1. Memulai Mandeley.
2. Membuat Folder, Menambahkan File Dokumen, Mengedit File Dokumen.
Saya contohkan disini membuat folder dengan nama "Daftar Pustaka" , kemudian kita akan menambahkan beberapa file dokumen ke dalam folder Daftar Pustaka tersebut.
Dokemen-dokumen tersebut bisa berupa jurnal, buku, atau lainnya yang akan dijadikan sebagai dafatar pustaka.
Saya contohkan, disini saya menggunakan dua buah jurnal dengan format file .pdf yang akan dijadikan sebagai daftar pustaka.
Kita juga dapat merubah deteil dari dokumen tersebut pada bilah bagian kanan layar. kita bisa merubah tahun, volume, pages serta nama pengarangnya.
Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut ini :
3. Membuat Dokumen Dengan Entry Manual.
Jika file yang akan dijadikan referensi tidak dalam bentuk digital, melainkan dalam bentuk fisik, maka silahkan lakukan dengan "Entry Manual".
Caranya, Klik panah kebawah yang berada disamping tombol impor dokumen, lalu pilih "Entry Manual"
Silahkan pilih jenis/type buku yang akan digunakan untuk daftar pustaka. Apakah itu buku, jurnal, prosinding atau lainnya.
Dan jangan lupa juga untuk mengisikan rinciannya seperti nama pengarang, judul buku, kode ISBN kalau dibutuhkan dan harus sesuai dengan keterengan dari buku yang digunakan.
Silahkan pilih jenis/type buku yang akan digunakan untuk daftar pustaka. Apakah itu buku, jurnal, prosinding atau lainnya.
Dan jangan lupa juga untuk mengisikan rinciannya seperti nama pengarang, judul buku, kode ISBN kalau dibutuhkan dan harus sesuai dengan keterengan dari buku yang digunakan.
Tujuannya adalah agar, saat daftar pustaka dibuat, maka keterangan yang dibutuhkan bisa terisi dengan baik dan benar.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut :
4. Menghubungkan Mandeley Dengan Microsoft Word.
Jika semua kebutuhan file yang akan digunakan telah terpenuhi, selanjutnya kita akan menghubungkan Microsoft Word tempat kita menulis buku, makalah atau ksripsi dengan aplikasi Mandeley.
Cara menghubungkan Microsoft Word dengan Mandeley adalah dengan cara buka mandeley, klik menu "Tools", lalu pilih "Install MS Word Plugin".
Lihat gambar berikut ini :
Tunggu hingga proses instalasi plugin selesai, dan secara otomatis Microsoft Word akan terhubung dengan mandeley.
5. Microsoft Word Berhasil Terhubung Dengan Mandeley.
Untuk melihat apakah sudah terhubung atau belum, buka Microsoft Word, Pilih "References" pada Menu Bar, maka kita akan melihat "Insert Citation".
Apabila Cursor Mouse kita arahkan ke "Insert Citation" maka akan muncul keterangan koneksi dengan mandeley dibawahnya.
Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat gambar berikut ini :
6. Memberi Kutipan Dengan Mandeley.
Selanjuntya berikan tanda kutipan yang anda tulis, dengan menggunakan mandeley. Silahkan buka dokumen Microsoft Word anda.
Cara memberi kutipan dengan mandeley adalah dengan "meletakkan Cursor pada akhir atau awal kutipan yang telah anda tulis".
Saya contohkan disini saya meberi kutipan pada bagian akhir kalimat.
caranya klik menu "References" pada Menu Bar di Microsoft Word, kemudian Klik pada "Insert Citation".
Seteleh itu, sebuah kotak dialog akan muncul, maka pilih "Go To Mandeley".
Lihat gambar berikut :
Secara otomatis kita diarahkan ke aplikasi Mandeley. Pilih dokumen mana yang akan dijadikan kutipan dengan cara klik pada dokumen tersebut lalu klik "Cite" pada Menu Bar atas aplikasi Mandeley.
Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini :
Jika berhasil mengutip, maka kutipan akan muncul dan terlihat seperti pada gambar berikut ini :
Lakukan cara tersebut pada setiap akan mengutip dari referensi yang dibutuhkan.
7. Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis
Sekarang kita masuk pada tahap yang terakhir, yaitu membuat daftar pustaka secara otomatis.
Caranya adalah, buat halaman baru pada Microsoft Word. Kemudian tuliskan Daftar Pustaka pada bagian atas lalu "Enter".
Kemudian setelah itu, klik Menu "References" dan silahkan klik "Insert Bibliography"
Perhatikan gambar berikut ini :
Jika berhasil, maka Daftar Pustaka aku muncul dengan sendirinya di bawah tulisan DAFTAR PUSTAKA yang kita buat tadi
Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat pada gambar di bawah ini:
note : sebaikanya buat daftar pustaka setelah semua kutipan telah di masukkan agar tidak perlu berulang-ulang membuat daftar pustaka
Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar ya :)
Jundi Alfaruqi
Blogger, Code Enthusiast -
Follow My Instagram : @jundialfaruqi
Komentar