Pengenalan Perangkat Komputer

I. Pengertian Hardware, Software, Brainware dan Contohnya


Komputer memiliki 3 komponen utama yang berguna untuk menjalankan sistem komputer, jadi kerja atau jalannya komputer tergantung pada ke-3 komponen utama tersebut.

1. Hardware

Atau dalam bahasa Indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen utama pembangun sistem komputer yang berwujud alias alatnya dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Contoh hardware yang sering kita jumpai sehari-hari seperti Monitor, Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.

Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu

  1. Input Device (Perangkat Masukan) : Berfungsi untuk memasukkan data baik berupa gambar, teks video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, webcam, mouse, scaner, dan lain sebagainya
  2. Processor (Perangkat Pengolah Data) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari perangkat pengolah data : CPU (Central Processing Unit) dan microprocessor.
  3. Output Device : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukkan dengan input device. Contoh dari output device yang sering kita jumpai : Monitor, speaker, dan printer

2. Software

Software atau di bahasa indonesia disebut juga perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan berbagai perintah. Selain itu software dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :

  1. Sistem Operasi : Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. Contoh dari sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux dan unix.
  2. Program Aplikasi : Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS.Excel, MS.Power Point dan masih banyak lainnya.
  3. Utility atau program bantu : Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Contoh dari utility ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Aimp, Anti virus dan lain-lain.
  4. Bahasa pemograman : atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemograman komputer, adalah intruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. Contoh bahasa pemograman : Java script, PHP, Visual Basic, Pascal dan masih banyak lagi.

3. Brainware

adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatn komputer atau sistem pengolahan data atau bisa dikatakan juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.

Brainware dibagi menjadi beberapa macam :

  1. Operator : Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan lain-lain.
  2. Programmer : Orang yang menguasai bahasa pemograman.
  3. Administrator : Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi

Posting Komentar