PageSpeed Tidak Mempengaruhi Peringkat Index Google

PageSpeed Tidak Mempengaruhi Peringkat Index Google

[Echoobit.blogspot.com]Apakah pagespeed benar-benar berpengaruh terhadap peringkat index google sebuah website atau blog? Jawaban atas pertanyaan ini masih menjadi perdebatan pro dan kontra diberbagai kalangan blogger. Ada yang berpendapat pagespeed mempengaruhi, ada pula yang mengatakan sebaliknya.

Lalu bagaimana dengan anda? apakah anda termasuk kedalam golongan yang berpendapat pagespeed berpengaruh? Atau justru sebaliknya? Atau anda berada ditengah-tengah karena belum menemukan jawaban yang pas?

Semua orang bebas berpendapat menurut presepsinya masing-masing karena itu adalah hak mereka masing-masing, benar?

Lalu, bagaimana persoalan ini menurut pendapat dari kaca mata saya?

Jika pertanyaan tersebut diarahkan kepada saya, maka saya akan menjawab bahwa pagespeed tidak lah berpengaruh dalam sistem peringkat index google.

Pagespeed jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti kecepatan halaman. Dan pagespeed yang dimaksud pada sebuah website atau blog, adalah kecepatan sebuah halaman untuk menampilkan seluruh isi konten yang ada di dalamnya.

Makanya di google pagespeed insight ketika kita akan melakukan cek pagespeed sebuah web, dia akan menampilkan hasil/score dalam bentuk nilai dari angka 0 sampai 100 yang menunjukkan cepat atau tidaknya sebuah website saat ditampilkan.

Lalu, bagaimana hubungannya pagespeed dengan peringkat index google? Ya jelas tidak ada sama sekali .

Index google secara sederhana artinya konten kita di pencarian google berhasil dikenali dan ini sangat jelas membuktikan bahwa tidak kaitannya sama sekali dengan pagespeed.

"Bisakah anda bukitkan bahwa pagespeed tidak berpengaruh terhadap peringkat index di google?"

Pertanyaan ini pasti akan ditanyakan, jika pertanyaannya saya balikkan, bisakah anda buktikan bahwa pagespeed mempengaruhi peringkat di google? Jika bisa, kenapa situs sekelas detik.com yang memilik score pagespeed hanya 50 sekian bisa mengalahkan situs yang pagespeednya lebih cepat?

Coba anda cek, berapa score kecepatan situs detik.com, atau situs seperti tribun. Score nya dibawah 60 alias dalam kategori lambat. Dan mereka bisa mengalahkan peringkat situs-situs lain yang pagespeed nya lebih tinggi dan ini sudah pernah saya buktikan.

Dan dari pihak google sendiri juga tidak pernah mengeluarkan pernyataan bahwa pagespeed akan berpengaruh terhadap peringkat google.

Ada 4 hal yang paling berpengaruh dalam bersaing di peringkat google. Yang pertama ada kualitas konten termasuk di dalamnya kelengkapan sebuah konten dan jumlah konten. Yang kedua adalah backlink, yang ketiga adalah update konten dan yang keempat adalah waktu.

Waktu yang saya maksud bukan waktu menampilkan halamannya, tetap proses menunju peringkat, karena untuk bisa menaikkan peringkat membutuhkan proses.

Maka kesimpulan saya adalah bahwa pagespeed tidaklah berpengaruh terhadap peringkat sebuah website atau blog di pencarian/index google.

Tapi, jika dikatakan pagespeed berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung, maka saya setuju. Karena jika pagespeed terlalu lambat kenyamanan pengunjung menjadi sedikit terganggu pastinya.

Jadi itulah pendapat saya mengenai pagespeed dan hubungannya dengan peringkat pada index google.
IT Support, Blogger, Helmet Enthusiast - Follow My Instagram : @jundialfaruqi

Posting Komentar